Langsung ke konten utama

ApresiAksi

Di materi ke 7, kita masuk terkait apresiAksi yang menjadi salahsatu cara yang digunakan untuk membuat project atau gagasan inovasi sosial kita berkelanjutan. Di apresiAksi ini kita melakukan apresiasi, evaluasi, monitoring dan memutuskan untuk langkah berikutnya.

Ada beberapa bahasan di materi ke 7 ini diataranya terkait :

I.  Social Impact
   
Kita belajar untuk menganalisa dengan melihat bagaimana aksi yang sudah kita jalankan ini berdampak secara sosial atau tidak? Dampak disini terhadap manusia dan lingkungan tempat dimana aksi telah kita jalankan. Apa yang menjadi fokus dan hasil positif dari aksi kita. Hasil dari diskusi di tim disepakati seperti tersebut pada template dibawah ini 👇     
            

Kenapa analisa dampak sosial ini menjadi sesuatu yang penting dari penjelasan yang tersebut pada template diatas diantaranya kita mendapatkan hal-hal sebagai berikut :

* Dampak langsung dan tidak langsung. Yang menjadi dampak langsung dari aksi bersemi adalah keluarga yang menjalankan pendidikan anak-anaknya dengan mengambil pilihan jalur pendidikan formal dan informal (hs). Sedang untuk dampak tidak langsungnya pendidik, peminat atau pemerhati dunia pendidikan.

* Ruang untuk memperbaiki aksi. Banyak ruang yang bisa kita explore untuk ide atau gagasan perbaikan ke arah yang lebih baik, perlu masukan atau ide-ide baru dan berkembang yang perlu kita dalami agar aksi lebih memberi kebermanfaatan yang lebih luas. Ini baru berupa prototype atau awalan sebagai persiapan untuk masuk pada ekosistem ibu pembaharu.

* Sudut pandang penerima manfaat. Dari sudut pandang penerima manfaat seperti apa, sudah sesuai atau belum. Kita dapat melakukan dengan survei, questioner atau tanya jawab langsung kepada penerima manfaat.

II.  Theory of Change

Metodologi visual yang menguraikan perubahan sosial untuk memotivasi dampak sosial dari aksi yang kita lakukan. Dalam hal ini dapat memudahkan kita melihat dampak dari projek yang sudah berjalan. Di teori of change ini kita mengenal input, aktivitas, output, outcome dan impact. Untuk penjelasan teori of change dari aksi tim bersemi dapat terurai pada template dibawah ini :


      Input --> Aktivitas --> Output : menjadi tahapan monitoring, sedang Outcomes --> Impact : menjadi tahapan kita evaluasi.

III. The Logic Model

The Logic Model digunakan para changemaker untuk memantau dan mengevaluasi dampaknya karena berfungsi  sebagai strategi monitoring dan evaluasi.



IV.  Risk Management
       
Uraian dari management risiko terurai pada template dibawah ini :


V. Stop Continue Start

Dilangkah ini, kita mendefinisikan arti stop, continue dan start. Maksud dari stop disini adalah proses apa saja yang dalam pengerjaan aksi tidak bekerja untuk tim kita. Apa saja yang harus tim kita stop dan tidak dikerjakan lagi apabila projek tim akan berlanjut.

Continue : apa saja yang sudah bekerja baik di projek tim dan akan dilanjutkan tim. Proses/hal-hal apa saja yang akan kita explore lebih lanjut kedepannya.

Start : apa hal-hal baik yang bisa kita usulkan untuk meningkatkan proses kinerja tim apabila projek tim akan dilanjutkan.

Dan untuk gambaran stop, continue dan start dari tim bersemi terkait sikap perilaku dapat dilihat pada template dibawah ini 👇

Sedang untuk terkait aksi 👇
1. Stop : 
* Draft template flyer.
* Posting daily quote.
* generate video aktivitas anak by weekly.

2. Continue
* Quote di posting by weekly/by tema yang sedang diangkat.
* Compile video yang relate dengan tema.
* Compile banyak referensi sebagai khasanah referensi Tim.

3. Start : 
* Memulai membuat content di medsos fokus di tema kurikulum rumahan.
* Membuat ruang refleksi sebagai tempat mengeluarkan ide, kritik juga sosial concern baik dari Tim maupun dari luar/ahli.
* Compile berbagai media (film, lagu, buku dsb) sebagai asset pembelajaran.

#materike7
#apresiaksi
#ibupembaharu
#bundasalihah
#darirumahuntukdunia
#hexagoncity
#institutibuprofesional
#semestaberkaryauntukindonesia
#ibuprofesionaluntukindonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bertanam Jamur Growbox

Buka baglog tgl 19 maret 14 Belajar menjalani proses..bukan hasil .. kesabaran adl bagian dr proses .. Tumbuh jamur Naufal yang pertama 11 maret 2014 Satu hari sdh mekar lebih indah jamur aura cantiqa ^-^ 240314, sptnya sdh bs panen. Kondisi jamur per 6 april 2014, jamur merah kembali tumbuh yg ke 2 jamurnya tp kedua growbox putih milik Naufal Aulia Rasyad dan haikal masih melatih kesabaran kami tuk menunggu jamurnya tumbuh. " liat mas naufal... dek haikal... jamur dedek aura sdh tumbuh kembali... tau kenapa sayang ? Tanamanpun tau mana pemiliknya yg sayang sama dia... mana yg tdk... hehe.krn naufal blm sama sekali tertarik utk merawat jamurnya hanya dia mberi nama jamur... kalo haikal sdh mau, keduanya kesulitan utk menekan semprotan yg sdh satu paket dgn growboxnya. Dan kemaren naufal langsung mencari semprotan baru yg biasa dipake utk semprotan kispray utk penghalus dan pengharum pakaian. Dia langsung cuci... jangan pake itu yg sayang... coba cium baunya masih beras

Mastermind & False Celebration

Setelah melewati libur tahun baru ternyata masih ada satu review terakhir dengan tema Mastermind & False Celebration. Walau dalam kondisi diawal tahun 2022 menemani ibu di rumah sakit, setelah mendengarkan materi dari Mantika ada beberapa template yang harus dikerjakan sebagai bentuk self assesment bagi kelanjutan project yang telah dikerjakan selama kelas bunda shalihah dikampus ibu pembaharu. Lima template yang di buat diantaranya 👇 Self Assesment   1. Apa yang sudah baik yang selama ini sudah dikerjakan? * Ada spirit yang terbangun. * Belajar memiliki smart goal dalam mengerjakan project tim. * Keterbukaan dan mendengar masukan dari tim. * Menjalankan tahapan milestone yang sudah tersusun. 2. Apa moment-moment berharga saat bersama tim? Semua moment bersama tim pada hakikatnya menjadi pengalaman belajar yang indah dan menyenangkan karena kami berusaha untuk terus bertumbuh baik bagi diri, anggota tim dan keluarga kami. Tetapi poin yang tertangkap diantaranya dibawah ini: * Saat

Jurnal Minggu I, Kelas Kupu-Kupu

Alhamdulillah masuk di tahapan kelas kupu-kupu. Dari penjelasan yang didapat di awal kelas sudah diberikan penjelasan oleh Ibu Septi. Di kelas kupu-kupu ini akan berlangsung selama 8 minggu dengan jadwal belajar sebagai berikut 👇 Dikelas Kupu-kupu, kami diperkenalkan dan belajar mempraktekkan program Mentorship. Disini diperkenalkan Mentor dan Mantee. Selama 8 minggu ini kita diminta belajar menjadi mentor sekaligus menjadi mantee. Mentor adalah orang yang diberi tanggungjawab memberi arahan, materi, ilmu yang telah dimiliki. Sedang Mantee, kita diminta untuk menjadi siswa/orang yang belajar kepada seorang mentor. Dari pencarian dan penyesuaian dengan map yang telah dibuat ditahapan sebelumnya, akhirnya diputuskan untuk menjadi Mentor terkait menulis/membuat self quote. Dan di bulan puasa ini rasanya ingin mempelajari Ilmu menghapal Alquran untuk anak sebagai bekal dalam proses belajar homeschooling anak-anak. A. Perkenalan dengan Mentor Alhamdulillah sudah mendapatk