Langsung ke konten utama

Materi kedua Temukan Keterampilanmu

Jurnal kedua - Telur merah

Dari 5 aktivitas bisa dan suka di jurnal pertama yang sudah dipilih, saya cek dan lihat kembali. Benarkah kelima aktivitas sangat penting dan harus saya lakukan sehingga dapat membuat indeks kebahagiaan saya sebagai seorang isteri, perempuan dan ibu bisa meningkat?

Satu-satu akan saya cek,

Aktivitas 1 : Berkegiatan bersama anak

Berkegiatan bersama anak penting dan mendesak saya lakukan dan akan menambah kebahagiaan saya?
Ya ini kegiatan yang penting dan mendesak dilakukan karena kami menjalani homeschooling buat kedua anak kami, mau tidak mau aktivitas ini menjadi prioritas utama yang saya lakukan. Tetapi sehari-hari masih melakukan pekerjaan ranah publik dengan bekerja sehingga seringkali saya harus berbagi waktu melakukannya. Sehingga ada beberapa keterampilan yang diperlukan agar indeks kebahagiaan saya ada kenaikan didalam melakukan aktivitas bersama anak-anak.

Keterampilan yang diperlukan :
1. Keterampilan manajemen waktu
2. Keterampilan membuat rencana kegiatan yang benar-benar berkualitas dari porsi waktu yang tersedia.

Aktivitas 2 : Menulis quote atau cerita
Ini aktivitas yang penting tapi tidak mendesak dilakukan. Aktivitas disini dilakukan pada saat mengisi waktu atau ada masalah yang sedang dialami, sebagai refleksi diri seringkali membuat quote atau bercerita dengan bertanya kedalam diri.

*Menulis adalah cara saya mengingatkan untuk diri sendiri*

Aktivitas 3 : Mengobrol asyik dengan suami
Aktivitas yang penting dan mendesak karena aktivitas sehari-hari yang dilakukan dan melakukan homeschooling, mengobrol asyik perlu mendapat porsi dan ruang yang cukup untuk merefleksi ataupun saling sharing menemukan satu titik solusi secara bersama. Untuk keterampilan yang diperlukan sama dengan keterampilan pada aktivitas ke 4.

Aktivitas 4 : Jalan-jalan bersama keluarga
Ini merupakan salahsatu saling bersinggungan dengan aktivitas pertama, karena menjadi salahsatu aktivitas yang dijalankan atau menjadi bagian di aktivitas 1 yaitu aktivitas bersama anak.

Untuk keterampilan lain yang perlu ditambahkan selain dua keterampilan di aktivitas 1 yang suka menjadi pengganggu adalah masalah komunikasi atau mencari satu kesepakatan secara bersama untuk seluruh anggota keluarga. Ada 4 atau 5 kepala yang seringkali berbeda hingga akhirnya saling berbeda, meniadakan dan terjadi chaos diantara kami.

Keterampilan tambahan yang diperlukan adalah :
3. Keterampilan berkomunikasi yang baik
4. Keterampilan merangkai perbedaan dan mencari solusi terbaik. (Manajemen emosi)
5. Keterampilan menulis efektif dan baik

Aktivitas 5 : berbenah rumah
Aktivitas penting dan tidak mendesak. Tetapi ada beberapa pengganggu yang perlu dicarikan keterampilan tambahan karena seringkali harus bersinggungan dengan keinginan dengan anggota keluarga.

Untuk aktivitas ini, masih suka mendapat protes dari anak-anak dan suami, dan untuk mencapai kesimbangan dan menambah kebahagiaan saya untuk menjalankan aktivitas yang bisa dan suka dengan seimbang tanpa protes seluruh angota keluarga ada keterampilan tambahan yang diperlukan :

5. Keterampilan berdamai dengan diri sendiri.
6. Keterampilan berbagi tugas melakukan berbenah rumah.

Alhamdulillah dapat 5-6 keterampilan yang ingin saya tingkatkan dalam kelas bunda cekatan ini yaitu :

1. Keterampilan manajemen waktu
2. Keterampilan membuat rencana kegiatan yang benar-benar berkualitas dari porsi waktu yang tersedia.
3. Keterampilan berkomunikasi dengan lebih baik
4. Keterampilan merangkai perbedaan dan mencari solusi terbaik. (Manajemen Emosi)
5. Keterampilan berdamai dengan diri sendiri dan keterampilan menulis.
6. Keterampilan berbagi tugas melakukan berbenah rumah.

Bagan dalam kondisi kosong :



Bagan telur merah yang telah terisi :



#janganlupabahagia
#jurnalminggu2
#materi2
#kelastelur
#telurmerah
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bertanam Jamur Growbox

Buka baglog tgl 19 maret 14 Belajar menjalani proses..bukan hasil .. kesabaran adl bagian dr proses .. Tumbuh jamur Naufal yang pertama 11 maret 2014 Satu hari sdh mekar lebih indah jamur aura cantiqa ^-^ 240314, sptnya sdh bs panen. Kondisi jamur per 6 april 2014, jamur merah kembali tumbuh yg ke 2 jamurnya tp kedua growbox putih milik Naufal Aulia Rasyad dan haikal masih melatih kesabaran kami tuk menunggu jamurnya tumbuh. " liat mas naufal... dek haikal... jamur dedek aura sdh tumbuh kembali... tau kenapa sayang ? Tanamanpun tau mana pemiliknya yg sayang sama dia... mana yg tdk... hehe.krn naufal blm sama sekali tertarik utk merawat jamurnya hanya dia mberi nama jamur... kalo haikal sdh mau, keduanya kesulitan utk menekan semprotan yg sdh satu paket dgn growboxnya. Dan kemaren naufal langsung mencari semprotan baru yg biasa dipake utk semprotan kispray utk penghalus dan pengharum pakaian. Dia langsung cuci... jangan pake itu yg sayang... coba cium baunya masih beras

Mastermind & False Celebration

Setelah melewati libur tahun baru ternyata masih ada satu review terakhir dengan tema Mastermind & False Celebration. Walau dalam kondisi diawal tahun 2022 menemani ibu di rumah sakit, setelah mendengarkan materi dari Mantika ada beberapa template yang harus dikerjakan sebagai bentuk self assesment bagi kelanjutan project yang telah dikerjakan selama kelas bunda shalihah dikampus ibu pembaharu. Lima template yang di buat diantaranya 👇 Self Assesment   1. Apa yang sudah baik yang selama ini sudah dikerjakan? * Ada spirit yang terbangun. * Belajar memiliki smart goal dalam mengerjakan project tim. * Keterbukaan dan mendengar masukan dari tim. * Menjalankan tahapan milestone yang sudah tersusun. 2. Apa moment-moment berharga saat bersama tim? Semua moment bersama tim pada hakikatnya menjadi pengalaman belajar yang indah dan menyenangkan karena kami berusaha untuk terus bertumbuh baik bagi diri, anggota tim dan keluarga kami. Tetapi poin yang tertangkap diantaranya dibawah ini: * Saat

Jurnal Minggu I, Kelas Kupu-Kupu

Alhamdulillah masuk di tahapan kelas kupu-kupu. Dari penjelasan yang didapat di awal kelas sudah diberikan penjelasan oleh Ibu Septi. Di kelas kupu-kupu ini akan berlangsung selama 8 minggu dengan jadwal belajar sebagai berikut 👇 Dikelas Kupu-kupu, kami diperkenalkan dan belajar mempraktekkan program Mentorship. Disini diperkenalkan Mentor dan Mantee. Selama 8 minggu ini kita diminta belajar menjadi mentor sekaligus menjadi mantee. Mentor adalah orang yang diberi tanggungjawab memberi arahan, materi, ilmu yang telah dimiliki. Sedang Mantee, kita diminta untuk menjadi siswa/orang yang belajar kepada seorang mentor. Dari pencarian dan penyesuaian dengan map yang telah dibuat ditahapan sebelumnya, akhirnya diputuskan untuk menjadi Mentor terkait menulis/membuat self quote. Dan di bulan puasa ini rasanya ingin mempelajari Ilmu menghapal Alquran untuk anak sebagai bekal dalam proses belajar homeschooling anak-anak. A. Perkenalan dengan Mentor Alhamdulillah sudah mendapatk