Langsung ke konten utama

Materi Ketiga Kelas Ulat-ulat, Ini Keluargaku

Ini Keluargaku, keluarga Portofolio Anak

Jurnal kita pekan ini menceritakan lika liku menemukan keluarga dengan menu utama yang sama.

Dari beberapa pilihan menu yang beraneka ragam mengundang selera untuk kita cicipi semua, bingung, galau untuk memutuskan yang terbaik yang pertama-tama di cicipi terlebih dahulu.

Membangunkan kembali ceu kokom (konsisten dan komit) atas rencana yang telah dibuat sebelumnya pada Mind Map yang menjadi prioritas terlebih dahulu.

Akhirnya dari beberapa makanan yang akan dimakan, ilmu yang akan disantap secara bertahap yang tergambar pada Mind Map adalah sebagai berikut:
* Ilmu berbenah
* Ilmu pendukung dalam menjalani proses belajar homeschooling (jornaling, portofolio, talent mapping, rencana hs)
* Ilmu literasi (pengembangan potensi diri)
* Ilmu Komunikasi (ilmu emosi, self healing with writing)
* Ilmu Manajemen waktu

Dari pilihan diatas, sempat sudah melist keluarga rumah tangga untuk mengambil berbenah, tapi karena belum menemukan link untuk rumah tangga, memutuskan untuk pindah dulu ke keluarga Portofolio Anak. Keluarga portofolio anak ini dipilih sebagai pendukung proses belajar homeschooling terkait pembuatan portofolio anak.

Bismillah, setelah mengambil pilihan menu, dan memilih kepala keluarga Mba Himma. Kita berkumpul pada satu keluarga yang memiliki keinginan, harapan, mimpi yang sama. Semoga bisa saling berbagi ilmu, pengalaman sehingga mendapat pencerahan, manfaat yang lebih besar pada saat memiliki tujuan dan arah yang sama.

Setelah berada di keluarga PortA, beberapa  kesepakatan bersama yang diambil (resume) didalam keluarga:

resume keluarga PortA

1. cara cek pertumbuhan dan perkembangan anak menggunakan metode denver dan kpsp untuk usia 0-6 tahun
2. format membuat portofolia (pandu 45, frame work FBe, fillio,portofolio by anindita).

cara kami belajar :
1. menentukan waktu belajar bersama.
2. saling sharing pengalaman
3. mengumpulkan rujukan yang dimiliki.

Dan makanan yang hidangkan untuk dikuyah dan dinikmati bersama diantaranya:


Alhamdulillah setelah bertemu keluarga, bahagia rasanya memiliki keluarga dengan irama dan semangat yang sama. Saling berbagi ilmu yang dimiliki, walau akhirnya bagaimana yang akan dikembangkan kembali kepada kesiapan kita mengambil benang merah agar mampu diaplikasikan disesuaikan dengan kondisi dan kekhasan keluarga masing-masing.

#keluargaku
#portofolio anak
#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#materi3
#kelasulat
#ulat3
#makananku
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mastermind & False Celebration

Setelah melewati libur tahun baru ternyata masih ada satu review terakhir dengan tema Mastermind & False Celebration. Walau dalam kondisi diawal tahun 2022 menemani ibu di rumah sakit, setelah mendengarkan materi dari Mantika ada beberapa template yang harus dikerjakan sebagai bentuk self assesment bagi kelanjutan project yang telah dikerjakan selama kelas bunda shalihah dikampus ibu pembaharu. Lima template yang di buat diantaranya 👇 Self Assesment   1. Apa yang sudah baik yang selama ini sudah dikerjakan? * Ada spirit yang terbangun. * Belajar memiliki smart goal dalam mengerjakan project tim. * Keterbukaan dan mendengar masukan dari tim. * Menjalankan tahapan milestone yang sudah tersusun. 2. Apa moment-moment berharga saat bersama tim? Semua moment bersama tim pada hakikatnya menjadi pengalaman belajar yang indah dan menyenangkan karena kami berusaha untuk terus bertumbuh baik bagi diri, anggota tim dan keluarga kami. Tetapi poin yang tertangkap diantaranya dibawah ini: * ...

ApresiAksi

Di materi ke 7, kita masuk terkait apresiAksi yang menjadi salahsatu cara yang digunakan untuk membuat project atau gagasan inovasi sosial kita berkelanjutan. Di apresiAksi ini kita melakukan apresiasi, evaluasi, monitoring dan memutuskan untuk langkah berikutnya. Ada beberapa bahasan di materi ke 7 ini diataranya terkait : I.  Social Impact     Kita belajar untuk menganalisa dengan melihat bagaimana aksi yang sudah kita jalankan ini berdampak secara sosial atau tidak? Dampak disini terhadap manusia dan lingkungan tempat dimana aksi telah kita jalankan. Apa yang menjadi fokus dan hasil positif dari aksi kita. Hasil dari diskusi di tim disepakati seperti tersebut pada template dibawah ini 👇                   Kenapa analisa dampak sosial ini menjadi sesuatu yang penting dari penjelasan yang tersebut pada template diatas diantaranya kita mendapatkan hal-hal sebagai berikut : * Dampak langsung dan tidak langsung. Yang menjadi...

Kelas Berbenah Sadis batch 5

Pada saat akan mengikuti kelas ini sempat penasaran dengan istilah berbenah sadis, dan bertanya terlebih dahulu dengan penggagas grup KonMari Indonesia, Mba Rika Subana, apa saja materi yang diberikan dikelas. Karena sebelumnya pernah ikut kelas Konmari dengan pihak pelaksana kelas onlinenya berbeda. Sebelum memulai kelas, saya sedang melakukan aktivitas berbenah kembali seperti tidying festival yang pernah dilakukan sebelumnya karena kebetulan mendapat kiriman harta karun dari orangtua berupa mainan di waktu anak pertama masa kecil. Alhamdulillah dapat satu plastik besar mainan + satu plastik pakaian kami, alhamdulillah ada orang yang Allah pilihkan singgah di rumah kami. Ternyata semesta kembali mendukung lihat kembali kelas berbenah sadis ini dan dapat uraian dari mba Rika mengenai kelas ini yang salahsatu materinya terkait konmari dan minimalis. Ada dua buku yang menjadi pegangan untuk mengikuti kelas berbenah sadis yaitu buku berbenah Marie Kondo dan buku Fumio Sasaki. ...