Jurnal ketujuh Kelas Ulat
Refleksi Belajar
Refleksi Belajar adalah salah satu teknik untuk membimbing diri sendiri, agar hari ini lebih baik dari hari kemarin atau sebelumnya.
Tidak terasa di jurnal ketujuh kita merefleksi hasil belanja kita (hasil belajar) kita selama di kelas ulat ini, salahsatu caranya adalah:
I. Membongkar isi keranjang, mengklasifikasikan makanan kita.
Didalam keranjang ada beberapa makanan utama, hadiah dan camilan-camilan yang didapat setelah berkelana di hutan pengetahuan.
Beberapa isi keranjang yang berisi :
A. Makanan Utama
Yang menjadi makanan utama diantaranya :
🛒 Portofolio, masuk ke keluarga PortA
🛒 Go Live Talent Mapping
🛒 Jornaling hs
🛒 Go Live Homeschooling, sharing tentang "Ragam Kegiatan untuk Anak dari keluarga Homeschooling : 24HSchool
B. Hadiah
- Dari Teman di keluarga Pencinta Alquran : Buku Tikrar Qur'an Hafalan.
- e-book ragam kegiatan anak
- Info workshop PSPA kegiatan penunjang homeschooling
C. Cemilan-cemilan:
- Manajemen belajar
- Bisnis
- Public Speaking
- Cooking
- Crafting
REFLEKSI KE PETA
Ambil peta (mind mapping) kembali:
II. Klasifikasi Makanan/Ilmu disesuaikan dengan peta
1. Good Teacher/Fasil : Homeschooling
Makanan utama yang didapat terkait ilmu portofolio, talents mapping, dan sharing pengalaman kegiatan homeschooling sesama praktisi homeschooling.
Camilan : manajemen belajar, crafting, cooking, bisnis, public speaking.
2. Good Time :
Makanan Utama : Manajemen waktu
3. Komunikasi
4. Berbenah
Makanan Utama : kelas berbenah sadis, materi zero waste/sustainable
5. Aksara
Makanan Utama :
- Materi menulis esai
- Materi self healing with writing
- Materi Prosa liris
- Materi menulis bersama cerivitas
- Materi menulis metode Charlotte Manson
6. Smile, Syukur dan Berkah
* Alhamdulillah berapa makanan diatas ada yang sudah sesuai tetapi perlu dilatihkan kembali agar bisa termanfaat lebih sesuai dengan yang diharapkan.
* Gabung di 6 keluarga, baru 3 keluarga yang bisa difokuskan (keluarga hs, portofolio dan talents mapping), untuk 3 keluarga lagi yaitu keluarga manajemen emosi, manajemen waktu dan manajemen belajar belum bisa diserap terkait ilmunya karena waktu yang belum memungkinkan.
* Dihutan pengetahuan begitu banyak yang bisa diserap, terkadang baru melihat sekilas saja, banyak sekali yang bisa di manfaatkan tetapi belajar untuk konsisten untuk mmegang peta hanya mengambil ilmu yang ada di peta.
* Yang lebih banyak kudapatkan selama berkelana di hutan pengetahuan adalah makanan utama, karena memang mendahulukan yang menjadi makanan utama sebagai proses belajar. Camilan yang diambil pun sebisa mungkin difungsikan sebagai makanan pelengkap makanan utama.
* Yang membuatku bahagia belajar di hutan pengetahuan adalah beberapa makanan utama sudah dapat diambil di hutan pengetahuan di kelas ulat buncek ini, kecuali makanan utama literasi masih mengambil di luar kelas buncek. Begitu banyak pilihan yang bisa diserap dan dinikmati sebagai santapan bergizi.
* Strategi belajar yang dirasakan berhasil selama di hutan pengetahuan adalah hanya mengambil makanan yang sesuai map dan waktu belajar di sesuaikan dengan waktu yang tersedia, mencari yang tidak terlalu lama dan belajar dimungkinkan dilakukan kapan saja, dimana saja dan bersama siapa saja melalui kelas online.
* Yang harus ditingkatkan lagi adalah lebih berani untuk diaplikasikan secara langsung agar lebih terasa manfaatnya atau hasilnya. Dipraktekkan ilmu yang sudah diterima sebagai ruang bertumbuh kedalam diri.
#janganlupabahagia
#jurnalminggu7
Refleksi Belajar
Refleksi Belajar adalah salah satu teknik untuk membimbing diri sendiri, agar hari ini lebih baik dari hari kemarin atau sebelumnya.
Tidak terasa di jurnal ketujuh kita merefleksi hasil belanja kita (hasil belajar) kita selama di kelas ulat ini, salahsatu caranya adalah:
I. Membongkar isi keranjang, mengklasifikasikan makanan kita.
Didalam keranjang ada beberapa makanan utama, hadiah dan camilan-camilan yang didapat setelah berkelana di hutan pengetahuan.
Beberapa isi keranjang yang berisi :
A. Makanan Utama
Yang menjadi makanan utama diantaranya :
🛒 Portofolio, masuk ke keluarga PortA
🛒 Go Live Talent Mapping
🛒 Jornaling hs
🛒 Go Live Homeschooling, sharing tentang "Ragam Kegiatan untuk Anak dari keluarga Homeschooling : 24HSchool
B. Hadiah
- Dari Teman di keluarga Pencinta Alquran : Buku Tikrar Qur'an Hafalan.
- e-book ragam kegiatan anak
- Info workshop PSPA kegiatan penunjang homeschooling
C. Cemilan-cemilan:
- Manajemen belajar
- Bisnis
- Public Speaking
- Cooking
- Crafting
REFLEKSI KE PETA
Ambil peta (mind mapping) kembali:
II. Klasifikasi Makanan/Ilmu disesuaikan dengan peta
1. Good Teacher/Fasil : Homeschooling
Makanan utama yang didapat terkait ilmu portofolio, talents mapping, dan sharing pengalaman kegiatan homeschooling sesama praktisi homeschooling.
Camilan : manajemen belajar, crafting, cooking, bisnis, public speaking.
2. Good Time :
Makanan Utama : Manajemen waktu
3. Komunikasi
4. Berbenah
Makanan Utama : kelas berbenah sadis, materi zero waste/sustainable
5. Aksara
Makanan Utama :
- Materi menulis esai
- Materi self healing with writing
- Materi Prosa liris
- Materi menulis bersama cerivitas
- Materi menulis metode Charlotte Manson
6. Smile, Syukur dan Berkah
* Alhamdulillah berapa makanan diatas ada yang sudah sesuai tetapi perlu dilatihkan kembali agar bisa termanfaat lebih sesuai dengan yang diharapkan.
* Gabung di 6 keluarga, baru 3 keluarga yang bisa difokuskan (keluarga hs, portofolio dan talents mapping), untuk 3 keluarga lagi yaitu keluarga manajemen emosi, manajemen waktu dan manajemen belajar belum bisa diserap terkait ilmunya karena waktu yang belum memungkinkan.
* Dihutan pengetahuan begitu banyak yang bisa diserap, terkadang baru melihat sekilas saja, banyak sekali yang bisa di manfaatkan tetapi belajar untuk konsisten untuk mmegang peta hanya mengambil ilmu yang ada di peta.
* Yang lebih banyak kudapatkan selama berkelana di hutan pengetahuan adalah makanan utama, karena memang mendahulukan yang menjadi makanan utama sebagai proses belajar. Camilan yang diambil pun sebisa mungkin difungsikan sebagai makanan pelengkap makanan utama.
* Yang membuatku bahagia belajar di hutan pengetahuan adalah beberapa makanan utama sudah dapat diambil di hutan pengetahuan di kelas ulat buncek ini, kecuali makanan utama literasi masih mengambil di luar kelas buncek. Begitu banyak pilihan yang bisa diserap dan dinikmati sebagai santapan bergizi.
* Strategi belajar yang dirasakan berhasil selama di hutan pengetahuan adalah hanya mengambil makanan yang sesuai map dan waktu belajar di sesuaikan dengan waktu yang tersedia, mencari yang tidak terlalu lama dan belajar dimungkinkan dilakukan kapan saja, dimana saja dan bersama siapa saja melalui kelas online.
* Yang harus ditingkatkan lagi adalah lebih berani untuk diaplikasikan secara langsung agar lebih terasa manfaatnya atau hasilnya. Dipraktekkan ilmu yang sudah diterima sebagai ruang bertumbuh kedalam diri.
#jurnalminggu7
#materi7
#kelasulat
#ulat7
#makananku
#ulat7
#makananku
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional
Komentar
Posting Komentar