Langsung ke konten utama

Refleksi Belajar

Jurnal ketujuh Kelas Ulat

Refleksi Belajar

Refleksi Belajar adalah salah satu teknik untuk membimbing diri sendiri, agar hari ini lebih baik dari hari kemarin atau sebelumnya.

Tidak terasa di jurnal ketujuh kita merefleksi hasil belanja kita (hasil belajar) kita selama di kelas ulat ini, salahsatu caranya adalah:

I. Membongkar isi keranjang, mengklasifikasikan makanan kita.

Didalam keranjang ada beberapa makanan utama, hadiah dan camilan-camilan yang didapat setelah berkelana di hutan pengetahuan.

Beberapa isi keranjang yang berisi :

A. Makanan Utama

Yang menjadi makanan utama diantaranya :

🛒 Portofolio, masuk ke keluarga PortA
🛒 Go Live Talent Mapping
🛒 Jornaling hs
🛒 Go Live Homeschooling, sharing tentang "Ragam Kegiatan untuk Anak dari keluarga Homeschooling : 24HSchool

B. Hadiah

- Dari Teman di keluarga Pencinta Alquran : Buku Tikrar Qur'an Hafalan.
- e-book ragam kegiatan anak
- Info workshop PSPA kegiatan penunjang homeschooling

C. Cemilan-cemilan: 

- Manajemen belajar
- Bisnis
- Public Speaking
- Cooking
- Crafting

REFLEKSI KE PETA 

Ambil peta (mind mapping) kembali:



II. Klasifikasi Makanan/Ilmu disesuaikan dengan peta

1. Good Teacher/Fasil : Homeschooling

Makanan utama yang didapat terkait ilmu portofolio, talents mapping, dan sharing pengalaman kegiatan homeschooling sesama praktisi homeschooling.

Camilan : manajemen belajar, crafting, cooking, bisnis, public speaking.

2. Good Time : 

Makanan Utama : Manajemen waktu

3. Komunikasi

4. Berbenah

Makanan Utama : kelas berbenah sadis, materi zero waste/sustainable

5. Aksara

Makanan Utama :
- Materi menulis esai
- Materi self healing with writing
- Materi Prosa liris
- Materi menulis bersama cerivitas
- Materi menulis metode Charlotte Manson

6. Smile, Syukur dan Berkah

* Alhamdulillah berapa makanan diatas ada yang sudah sesuai tetapi perlu dilatihkan kembali agar bisa termanfaat lebih sesuai dengan yang diharapkan.

* Gabung di 6 keluarga, baru 3 keluarga yang bisa difokuskan (keluarga hs, portofolio dan talents mapping), untuk 3 keluarga lagi yaitu keluarga manajemen emosi, manajemen waktu dan manajemen belajar belum bisa diserap terkait ilmunya karena waktu yang belum memungkinkan.

* Dihutan pengetahuan begitu banyak yang bisa diserap, terkadang baru melihat sekilas saja, banyak sekali yang bisa di manfaatkan tetapi belajar untuk konsisten untuk mmegang peta hanya mengambil ilmu yang ada di peta.

* Yang lebih banyak kudapatkan selama berkelana di hutan pengetahuan adalah makanan utama, karena memang mendahulukan yang menjadi makanan utama sebagai proses belajar. Camilan yang diambil pun sebisa mungkin difungsikan sebagai makanan pelengkap makanan utama.

* Yang membuatku bahagia belajar di hutan pengetahuan adalah beberapa makanan utama sudah dapat diambil di hutan pengetahuan di kelas ulat buncek ini, kecuali makanan utama literasi masih mengambil di luar kelas buncek. Begitu banyak pilihan yang bisa diserap dan dinikmati sebagai santapan bergizi.

* Strategi belajar yang dirasakan berhasil selama di hutan pengetahuan adalah hanya mengambil makanan yang sesuai map dan waktu belajar di sesuaikan dengan waktu yang tersedia, mencari yang tidak terlalu lama dan belajar dimungkinkan dilakukan kapan saja, dimana saja dan bersama siapa saja melalui kelas online.

* Yang harus ditingkatkan lagi adalah lebih berani untuk diaplikasikan secara langsung agar lebih terasa manfaatnya atau hasilnya. Dipraktekkan ilmu yang sudah diterima sebagai ruang bertumbuh kedalam diri.



#janganlupabahagia
#jurnalminggu7
#materi7
#kelasulat
#ulat7
#makananku
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ApresiAksi

Di materi ke 7, kita masuk terkait apresiAksi yang menjadi salahsatu cara yang digunakan untuk membuat project atau gagasan inovasi sosial kita berkelanjutan. Di apresiAksi ini kita melakukan apresiasi, evaluasi, monitoring dan memutuskan untuk langkah berikutnya. Ada beberapa bahasan di materi ke 7 ini diataranya terkait : I.  Social Impact     Kita belajar untuk menganalisa dengan melihat bagaimana aksi yang sudah kita jalankan ini berdampak secara sosial atau tidak? Dampak disini terhadap manusia dan lingkungan tempat dimana aksi telah kita jalankan. Apa yang menjadi fokus dan hasil positif dari aksi kita. Hasil dari diskusi di tim disepakati seperti tersebut pada template dibawah ini 👇                   Kenapa analisa dampak sosial ini menjadi sesuatu yang penting dari penjelasan yang tersebut pada template diatas diantaranya kita mendapatkan hal-hal sebagai berikut : * Dampak langsung dan tidak langsung. Yang menjadi...

Mastermind & False Celebration

Setelah melewati libur tahun baru ternyata masih ada satu review terakhir dengan tema Mastermind & False Celebration. Walau dalam kondisi diawal tahun 2022 menemani ibu di rumah sakit, setelah mendengarkan materi dari Mantika ada beberapa template yang harus dikerjakan sebagai bentuk self assesment bagi kelanjutan project yang telah dikerjakan selama kelas bunda shalihah dikampus ibu pembaharu. Lima template yang di buat diantaranya 👇 Self Assesment   1. Apa yang sudah baik yang selama ini sudah dikerjakan? * Ada spirit yang terbangun. * Belajar memiliki smart goal dalam mengerjakan project tim. * Keterbukaan dan mendengar masukan dari tim. * Menjalankan tahapan milestone yang sudah tersusun. 2. Apa moment-moment berharga saat bersama tim? Semua moment bersama tim pada hakikatnya menjadi pengalaman belajar yang indah dan menyenangkan karena kami berusaha untuk terus bertumbuh baik bagi diri, anggota tim dan keluarga kami. Tetapi poin yang tertangkap diantaranya dibawah ini: * ...

Kelas Berbenah Sadis batch 5

Pada saat akan mengikuti kelas ini sempat penasaran dengan istilah berbenah sadis, dan bertanya terlebih dahulu dengan penggagas grup KonMari Indonesia, Mba Rika Subana, apa saja materi yang diberikan dikelas. Karena sebelumnya pernah ikut kelas Konmari dengan pihak pelaksana kelas onlinenya berbeda. Sebelum memulai kelas, saya sedang melakukan aktivitas berbenah kembali seperti tidying festival yang pernah dilakukan sebelumnya karena kebetulan mendapat kiriman harta karun dari orangtua berupa mainan di waktu anak pertama masa kecil. Alhamdulillah dapat satu plastik besar mainan + satu plastik pakaian kami, alhamdulillah ada orang yang Allah pilihkan singgah di rumah kami. Ternyata semesta kembali mendukung lihat kembali kelas berbenah sadis ini dan dapat uraian dari mba Rika mengenai kelas ini yang salahsatu materinya terkait konmari dan minimalis. Ada dua buku yang menjadi pegangan untuk mengikuti kelas berbenah sadis yaitu buku berbenah Marie Kondo dan buku Fumio Sasaki. ...