Langsung ke konten utama

Bekal untuk Buddyku

Jurnal kedelapan

BUDDY SYSTEM

Alhamdulillah mendapat pinangan dari Mba Ratih untuk berbuddy dengan saya.  😍😍

Kuterima pinangannya dengan rasa bahagia, terima kasih untuk berkenan meminang dan berbuddy dengan saya. Semoga memberi banyak kebaikan, manfaat dan Insya Allah mampu saling menguatkan untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya di tantangan 30 hari pada kelas kepompong.

Setelah berbuddy dengan mba ratih, ternyata mendapat pinangan kembali dari mba Dwi, yang pernah kemping bareng bersama komunitas HEbAT Bekasi. Niat membahagiakan, saling memuliakan, alhamdulillah mencoba membantu mencarikan buddy buat calon buddyku mba dwi dengan cikgu mba Azizah. Ternyata mba Azizah juga belum mendapatkan buddy, semoga berjodoh ya mba dwi dan mba azizah. 😘

Tahapan yang coba dilewati setelah memiliki buddy diantaranya :

🌸 Aliran rasa saya setelah melewati 7 jurnal di kelas ulat ini, yang akan disampaikan nanti ke buddy-ku, mba ratih:

Alhamdulillah dapat sampai juga di jurnal terakhir kelas ulat ini. Setelah dijurnal ketujuh merefleksi tahapan belajar yang telah terlewati dan kembali membuka peta, ada beberapa catatan yang coba dijabarkan diantaranya :

✔ Sebenarnya peta yang dibuat terkait peta ilmu yang akan coba dipelajari, dicari, dirumuskan dan di praktekkan kemudian agar semua dapat bernilai manfaat yang besar untuk Diri, baik sebagai seorang perempuan, isteri dan ibu.

Ada beberapa makanan yang coba diserap di kelas ulat ini yang disesuaikan dengan peta belajar. Ada keinginan juga disaat begitu banyaknya sajian makanan dan camilan untuk berhenti sejenak untuk menyimak aneka makanan dan camilan lezat penggoda selera diri. Tetapi jujurnya diingatkan kembali seperti real yang kita alami di luar kelas buncek. Banyak sekali yang ingin dikerjakan, banyak sekali ilmu yang ingin dipelajari malah seringkali hanya mempelajari kulit ilmunya saja, hanya sedikit.

Bismillah belajar untuk fokus dan konsisten mempelajari ilmu yang memang benar-benar sudah kita pilih dan masukan ke peta kita.

🌸 Mendengarkan aliran rasa buddy-ku, insya allah belajar menyimak dan mendengar dengan cinta.

🌸 Menyusun cerita-cerita buddy-ku menjadi sebuah bekal indah untuknya, siapkan sebuah tempat ternyaman, sistem terbaik agar buddy-ku siap memasuki "TANTANGAN 30 HARI" di kelas Kepompong nanti.

Bekal untuk buddyku:

Setelah membaca jurnal refleksi belajar dan jurnal lain buddy-ku mba ratih melalui blognya :
http://mazayajinaan.blogspot.com/?m=1

Dan dari mind map yang telah dibuat:


Ada beberapa yang menjadi fokus mba ratih sesuai dengan mind mapnya diantaranya terkait:

1. Manajemen Waktu vs Manajemen Emosi
2. Mendidik anak dalam Islam
3. MPASI
4. Stimulasi Tumbuh Kembang Anak

Dari uraian diatas, mencoba memberikan bekal indah untuk mba ratih, insya allah dapat menjadi sedikit penguat di perjalanan berikutnya untuk memasuki tantangan 30 hari Kelas Kepompong :

💡 Kalo melihat dari peta yang telah dibuat mba ratih rapi dan runut, telah mewakili semua keinginan menjadi perempuan, isteri dan ibu yang diidamkan keluarga, Semoga dapat memberi pegangan dan Allah mampukan dan mudahkan dalam mewujudkannya. Aamiin.

💡 Terkait manajemen waktu dan manajemen emosi, secara pribadi penekanan saya, seperti yang sedang saya ikhtiarkan juga. Saya memulai dari manajemen emosi sebelum ke manajemen waktu. Karena saya berpikir pada saat masih ada sampah emosi yang ada didiri kita, akan sulit bagi kita untuk mampu memenej akan waktu. Saya mencoba terkait emosi melakukan self healing dengan writing (menulis) agar mampu terurai sampah emosi didalam diri. Sedikit berbagi pemgalaman yang mba ratih. 😘

💡Ada flyer yang saya dapatkan pada saat berkelana di jungle knowledge dari teman terkait manajamen waktu sebagai pengingat kita bersama 👇


💡Dua resume kulwap yang pernah saya ikuti sebagai bekal untuk mba ratih juga pengingat diri saya. Semoga dapat bermanfaat. 👇

https://drive.google.com/file/d/1n8F37mKH8onWEDARW3MB2znZJ8w_4xuy/view?usp=drivesdk

https://drive.google.com/file/d/1bC-lFQOaNaWXZLj8S3YSorzdL2MWG9xt/view?usp=drivesdk

Alhamdulillah, Semoga Allah sehatkan dan mampukan kita untuk melanjutkan  tantangan 30 hari di kelas kepompong dan menyelesaikan kelas buncek kita. Aamiin.

Beberapa tools yang didapat sebagai petunjuk untuk mengerjakan jurnal kedelapan ini terkait Buddy System 👇






#janganlupabahagia
#jurnalminggu8
#materi8
#kelasulat
#ulat8
#makananku
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mastermind & False Celebration

Setelah melewati libur tahun baru ternyata masih ada satu review terakhir dengan tema Mastermind & False Celebration. Walau dalam kondisi diawal tahun 2022 menemani ibu di rumah sakit, setelah mendengarkan materi dari Mantika ada beberapa template yang harus dikerjakan sebagai bentuk self assesment bagi kelanjutan project yang telah dikerjakan selama kelas bunda shalihah dikampus ibu pembaharu. Lima template yang di buat diantaranya 👇 Self Assesment   1. Apa yang sudah baik yang selama ini sudah dikerjakan? * Ada spirit yang terbangun. * Belajar memiliki smart goal dalam mengerjakan project tim. * Keterbukaan dan mendengar masukan dari tim. * Menjalankan tahapan milestone yang sudah tersusun. 2. Apa moment-moment berharga saat bersama tim? Semua moment bersama tim pada hakikatnya menjadi pengalaman belajar yang indah dan menyenangkan karena kami berusaha untuk terus bertumbuh baik bagi diri, anggota tim dan keluarga kami. Tetapi poin yang tertangkap diantaranya dibawah ini: * ...

ApresiAksi

Di materi ke 7, kita masuk terkait apresiAksi yang menjadi salahsatu cara yang digunakan untuk membuat project atau gagasan inovasi sosial kita berkelanjutan. Di apresiAksi ini kita melakukan apresiasi, evaluasi, monitoring dan memutuskan untuk langkah berikutnya. Ada beberapa bahasan di materi ke 7 ini diataranya terkait : I.  Social Impact     Kita belajar untuk menganalisa dengan melihat bagaimana aksi yang sudah kita jalankan ini berdampak secara sosial atau tidak? Dampak disini terhadap manusia dan lingkungan tempat dimana aksi telah kita jalankan. Apa yang menjadi fokus dan hasil positif dari aksi kita. Hasil dari diskusi di tim disepakati seperti tersebut pada template dibawah ini 👇                   Kenapa analisa dampak sosial ini menjadi sesuatu yang penting dari penjelasan yang tersebut pada template diatas diantaranya kita mendapatkan hal-hal sebagai berikut : * Dampak langsung dan tidak langsung. Yang menjadi...

Kelas Berbenah Sadis batch 5

Pada saat akan mengikuti kelas ini sempat penasaran dengan istilah berbenah sadis, dan bertanya terlebih dahulu dengan penggagas grup KonMari Indonesia, Mba Rika Subana, apa saja materi yang diberikan dikelas. Karena sebelumnya pernah ikut kelas Konmari dengan pihak pelaksana kelas onlinenya berbeda. Sebelum memulai kelas, saya sedang melakukan aktivitas berbenah kembali seperti tidying festival yang pernah dilakukan sebelumnya karena kebetulan mendapat kiriman harta karun dari orangtua berupa mainan di waktu anak pertama masa kecil. Alhamdulillah dapat satu plastik besar mainan + satu plastik pakaian kami, alhamdulillah ada orang yang Allah pilihkan singgah di rumah kami. Ternyata semesta kembali mendukung lihat kembali kelas berbenah sadis ini dan dapat uraian dari mba Rika mengenai kelas ini yang salahsatu materinya terkait konmari dan minimalis. Ada dua buku yang menjadi pegangan untuk mengikuti kelas berbenah sadis yaitu buku berbenah Marie Kondo dan buku Fumio Sasaki. ...