Langsung ke konten utama

Jurnal Minggu I, Kelas Kupu-Kupu

Alhamdulillah masuk di tahapan kelas kupu-kupu. Dari penjelasan yang didapat di awal kelas sudah diberikan penjelasan oleh Ibu Septi. Di kelas kupu-kupu ini akan berlangsung selama 8 minggu dengan jadwal belajar sebagai berikut 👇


Dikelas Kupu-kupu, kami diperkenalkan dan belajar mempraktekkan program Mentorship. Disini diperkenalkan Mentor dan Mantee. Selama 8 minggu ini kita diminta belajar menjadi mentor sekaligus menjadi mantee.

Mentor adalah orang yang diberi tanggungjawab memberi arahan, materi, ilmu yang telah dimiliki. Sedang Mantee, kita diminta untuk menjadi siswa/orang yang belajar kepada seorang mentor.

Dari pencarian dan penyesuaian dengan map yang telah dibuat ditahapan sebelumnya, akhirnya diputuskan untuk menjadi Mentor terkait menulis/membuat self quote. Dan di bulan puasa ini rasanya ingin mempelajari Ilmu menghapal Alquran untuk anak sebagai bekal dalam proses belajar homeschooling anak-anak.


A. Perkenalan dengan Mentor

Alhamdulillah sudah mendapatkan Mentor Mba Himmah.

Dengan uraian yang dipublish di fb yaitu:

*) Assalamu'alaykum IP'ers, tetap semangat menjalani hari ke-10 ramadhan ya 😊

Perkenalkan, nama saya Himmatul Mardliyah. Biasa dipanggil Himmah.

Berperan di ranah domestik, memiliki 3 putri usia 2-9 tahun. Sebelumnya pernah bergabung di lembaga pendidikan (MI) selama 5 tahun.

Jika berkenan, saya bisa sharing bagaimana cara mengajarkan menghafal Qur'an pada anak usia sekolah. Mungkin tidak banyak tips dan triknya, namun ini aktivitas yang saya lakukan bersama anak hingga hari ini.

B. Perkenalan dengan Mantee

Alhamdulillah ada seorang mantee Mba Dwi Yunita Indah Sari, manajer keuangan IP Pusat. Dari perkenalan yang dilakukan diantaranya :

*) Assalamualaikum mba Weni. Perkenalkan saya Dwi Yunita Indah Sari, akrab disapa Ayu 😊
Saya dari regional Tangerang Selatan :)

Semoga mba Weni berkenan menjadi mentor saya selama 8 pekan kedepan 😊🙏

*) Mba Dwi IP: Menarik mba.. 😃
Peta belajar saya goalnya "Sabar".. sy juga sebenarnya tipe yg "tertutup". Sejak dibuncek ini udh mulai tertata kan, step² apa aja yg bisa sy lakukan agar mencapai goal sesuai peta. Kmrn bljr dan hingga saat ini sedng melatih mindfull.
Kembali menulis utk menyalurkan "sampah emosi". Trus berpikir, gimna carax supaya "sampah emosi" ini bisa diolah lagi 😅🤭

Trus suka baca quote, krn rasanya setelah baca quote itu jadi sperti punya energi baru dan perasaan "ah..iya ini pas banget" 🥺

Mba Dwi IP: Alhamdulillah bisa ketemu mba Weni jadi mentor self quote..rejeki banget 😍😍🤗

Bismillah belajar menjadi Mentor sekaligus Mantee. Menjaga amanah untuk tanggungjawab yang diberikan, sharing sedikit ilmu yang dimiliki. Semoga memberi kebaikan dan manfaat untuk yang menerimanya. Menjadi mantee juga mempraktekkan adab belajar untuk menerima ilmu kepada seorang guru.


#janganlupabahagia
#jurnalminggu1
#materi1
#kelaskupu-kupu
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional
#6Mei2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ApresiAksi

Di materi ke 7, kita masuk terkait apresiAksi yang menjadi salahsatu cara yang digunakan untuk membuat project atau gagasan inovasi sosial kita berkelanjutan. Di apresiAksi ini kita melakukan apresiasi, evaluasi, monitoring dan memutuskan untuk langkah berikutnya. Ada beberapa bahasan di materi ke 7 ini diataranya terkait : I.  Social Impact     Kita belajar untuk menganalisa dengan melihat bagaimana aksi yang sudah kita jalankan ini berdampak secara sosial atau tidak? Dampak disini terhadap manusia dan lingkungan tempat dimana aksi telah kita jalankan. Apa yang menjadi fokus dan hasil positif dari aksi kita. Hasil dari diskusi di tim disepakati seperti tersebut pada template dibawah ini 👇                   Kenapa analisa dampak sosial ini menjadi sesuatu yang penting dari penjelasan yang tersebut pada template diatas diantaranya kita mendapatkan hal-hal sebagai berikut : * Dampak langsung dan tidak langsung. Yang menjadi...

Mastermind & False Celebration

Setelah melewati libur tahun baru ternyata masih ada satu review terakhir dengan tema Mastermind & False Celebration. Walau dalam kondisi diawal tahun 2022 menemani ibu di rumah sakit, setelah mendengarkan materi dari Mantika ada beberapa template yang harus dikerjakan sebagai bentuk self assesment bagi kelanjutan project yang telah dikerjakan selama kelas bunda shalihah dikampus ibu pembaharu. Lima template yang di buat diantaranya 👇 Self Assesment   1. Apa yang sudah baik yang selama ini sudah dikerjakan? * Ada spirit yang terbangun. * Belajar memiliki smart goal dalam mengerjakan project tim. * Keterbukaan dan mendengar masukan dari tim. * Menjalankan tahapan milestone yang sudah tersusun. 2. Apa moment-moment berharga saat bersama tim? Semua moment bersama tim pada hakikatnya menjadi pengalaman belajar yang indah dan menyenangkan karena kami berusaha untuk terus bertumbuh baik bagi diri, anggota tim dan keluarga kami. Tetapi poin yang tertangkap diantaranya dibawah ini: * ...

Kelas Berbenah Sadis batch 5

Pada saat akan mengikuti kelas ini sempat penasaran dengan istilah berbenah sadis, dan bertanya terlebih dahulu dengan penggagas grup KonMari Indonesia, Mba Rika Subana, apa saja materi yang diberikan dikelas. Karena sebelumnya pernah ikut kelas Konmari dengan pihak pelaksana kelas onlinenya berbeda. Sebelum memulai kelas, saya sedang melakukan aktivitas berbenah kembali seperti tidying festival yang pernah dilakukan sebelumnya karena kebetulan mendapat kiriman harta karun dari orangtua berupa mainan di waktu anak pertama masa kecil. Alhamdulillah dapat satu plastik besar mainan + satu plastik pakaian kami, alhamdulillah ada orang yang Allah pilihkan singgah di rumah kami. Ternyata semesta kembali mendukung lihat kembali kelas berbenah sadis ini dan dapat uraian dari mba Rika mengenai kelas ini yang salahsatu materinya terkait konmari dan minimalis. Ada dua buku yang menjadi pegangan untuk mengikuti kelas berbenah sadis yaitu buku berbenah Marie Kondo dan buku Fumio Sasaki. ...