Langsung ke konten utama

Pelajaran Membaca

Salahsatu yang membuat saya kembali terhenti akan perjalanan belajar kami, saat kembali di ingatkan akan proses belajar membaca ini.

Apa yang menarik dari tahapan membaca ini menurut Charlotte Mason? Jujurnya di awal akan memulai materi ke 13 ini di kelas pembahasan seri buku CM, Home Education ada anggapan bahwa ini pelajaran yang sudah sama-sama kita ketahui dan kenali dari kita masih kecil. Jadi tersadar kembali, masih ada satu anak yang membutuhkan proses ini, bungsu kami yang telah berusia 8 tahun dan dia belum bisa atau belum lancar membaca.

Karena melewati proses membaca untuk kakaknya yang hampir sama, tidak kami paksa dan membiarkan semua berjalan secara alami, dan termasuk telat usia 9 tahun baru bisa membaca. Jadi kami tidak terlalu khawatir untuk adiknya. Walau awalnya prediksi kami, si bungsu akan lebih cepat dari kakaknya.

Menilik kembali proses membaca dengan pendekatan metode Charlotte Mason seperti apa?

Ternyata pelajaran membaca menurut CM dilakukan gentle sekali, dilakukan benar-benar secara bertahap.

Dari pengenalan huruf yang dilakukan dengan cara-cara yang menarik atau dengan permainan. Pengenalan satu huruf dengan satu obyek sehari-hari yang dikenali anak. Lanjut penggabungan satu huruf dengan vokal a, i, e, o, u membentuk ba, bi, bu hingga membentuk suku kata, ba ca, ba ju, ba ru dan seterusnya. Selanjutnya membentuk satu kalimat.

Semalam coba di praktekkan kepada si bungsu di saat akan tidur malam. Dek, coba cari ya kata yang lain yang adek ketahui ya. Bunda kasih contoh dulu. Sekarang ba untuk ba ru, lanjut ba ju, ada lagi dek. Dia mencari dan menyebutkan kata lain. Ternyata bisa. Dan dia minta lagi, coba yang lain bunda. Ok sekarang Ca, untuk Ca Cing, kamu sekarang apa dek, Ca be katanya. Dan seterusnya. Dan kakaknya pun melengkapi kata yang saya sebutkan. Kalo salah, dia ketawa, terus jadi kita ketawa sama-sama. Jadi menarik dan menyenangkan buat dia.

Membaca sebagai pondasi dasar bagi seorang anak untuk melewati proses belajar selanjutnya bagi dirinya. Tidak perlu terburu-buru, di saat pondasi ini sudah kuat, akan memberi pijakan berikutnya akan lebih mudah dan lebih baik akan prosesnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bertanam Jamur Growbox

Buka baglog tgl 19 maret 14 Belajar menjalani proses..bukan hasil .. kesabaran adl bagian dr proses .. Tumbuh jamur Naufal yang pertama 11 maret 2014 Satu hari sdh mekar lebih indah jamur aura cantiqa ^-^ 240314, sptnya sdh bs panen. Kondisi jamur per 6 april 2014, jamur merah kembali tumbuh yg ke 2 jamurnya tp kedua growbox putih milik Naufal Aulia Rasyad dan haikal masih melatih kesabaran kami tuk menunggu jamurnya tumbuh. " liat mas naufal... dek haikal... jamur dedek aura sdh tumbuh kembali... tau kenapa sayang ? Tanamanpun tau mana pemiliknya yg sayang sama dia... mana yg tdk... hehe.krn naufal blm sama sekali tertarik utk merawat jamurnya hanya dia mberi nama jamur... kalo haikal sdh mau, keduanya kesulitan utk menekan semprotan yg sdh satu paket dgn growboxnya. Dan kemaren naufal langsung mencari semprotan baru yg biasa dipake utk semprotan kispray utk penghalus dan pengharum pakaian. Dia langsung cuci... jangan pake itu yg sayang... coba cium baunya masih beras

Mastermind & False Celebration

Setelah melewati libur tahun baru ternyata masih ada satu review terakhir dengan tema Mastermind & False Celebration. Walau dalam kondisi diawal tahun 2022 menemani ibu di rumah sakit, setelah mendengarkan materi dari Mantika ada beberapa template yang harus dikerjakan sebagai bentuk self assesment bagi kelanjutan project yang telah dikerjakan selama kelas bunda shalihah dikampus ibu pembaharu. Lima template yang di buat diantaranya 👇 Self Assesment   1. Apa yang sudah baik yang selama ini sudah dikerjakan? * Ada spirit yang terbangun. * Belajar memiliki smart goal dalam mengerjakan project tim. * Keterbukaan dan mendengar masukan dari tim. * Menjalankan tahapan milestone yang sudah tersusun. 2. Apa moment-moment berharga saat bersama tim? Semua moment bersama tim pada hakikatnya menjadi pengalaman belajar yang indah dan menyenangkan karena kami berusaha untuk terus bertumbuh baik bagi diri, anggota tim dan keluarga kami. Tetapi poin yang tertangkap diantaranya dibawah ini: * Saat

Jurnal Minggu I, Kelas Kupu-Kupu

Alhamdulillah masuk di tahapan kelas kupu-kupu. Dari penjelasan yang didapat di awal kelas sudah diberikan penjelasan oleh Ibu Septi. Di kelas kupu-kupu ini akan berlangsung selama 8 minggu dengan jadwal belajar sebagai berikut 👇 Dikelas Kupu-kupu, kami diperkenalkan dan belajar mempraktekkan program Mentorship. Disini diperkenalkan Mentor dan Mantee. Selama 8 minggu ini kita diminta belajar menjadi mentor sekaligus menjadi mantee. Mentor adalah orang yang diberi tanggungjawab memberi arahan, materi, ilmu yang telah dimiliki. Sedang Mantee, kita diminta untuk menjadi siswa/orang yang belajar kepada seorang mentor. Dari pencarian dan penyesuaian dengan map yang telah dibuat ditahapan sebelumnya, akhirnya diputuskan untuk menjadi Mentor terkait menulis/membuat self quote. Dan di bulan puasa ini rasanya ingin mempelajari Ilmu menghapal Alquran untuk anak sebagai bekal dalam proses belajar homeschooling anak-anak. A. Perkenalan dengan Mentor Alhamdulillah sudah mendapatk