Langsung ke konten utama

Zona A (Agility)

Di Zona Agility ini, ada 4 lembar template yang digunakan di dalam pembuatan jurnal yang dapat di lihat di bawah ini:

1. Satu lembar untuk personal


Untuk karakter yang saya latihkan dalam pengerjaan project passion ini seperti telah tersebut pada master mind yang telah dibuat sebelumnya adalah attention.

Belajar untuk melatih diri mengerjakan segala sesuatu dengan konsentrasi penuh hingga satu tugas selesai, single tasking dalam satu waktu.

Shinning 4E, yang saya artikan disini ada progress atau kemajuan yang saya rasakan dari beberapa aktivitas dari project passion CH semesta bermain bahagia. Walau masih kurang disana-sini dan perlu banyak ikhtiar yang dilakukan setidaknya dapat menjadi pematik motivasi untuk melakukan perbaikan yang lebih baik lagi.

Biasanya hanya mengerjakan jurnal melalui tulisan, di project passion ini diminta mendokumentasikan melalui template pengamatan dan pembuatan video. Untuk pembuatan video disini masih memberi ruang pada anak tengah untuk menjalaninya, bagian saya dalam hal pengeditan video. Alhamdulillah dapat menjadi penggerak, mau tidak mau untuk belajar lebih terkait ilmu pengeditan video masih di space sederhana.

Master Mind (secara personal)

1. Sudah sukses apa sampai pekan ini? 

* Mengerjakan PP pekanan (video dan template jurnal) sesuai jadwal yang ditentukan.

* Memotivasi anak-anak untuk ikut terlibat menjadi bagian dari satu tim dalam membuat video aktivitas bermain yang dilakukannya.

* Melatih kepercayaan diri anak dan belajar mendokumentasikan aktivitas belajar melalui pembuatan video aktivitas belajar mereka.

* Membantu mengambil peran sebagai tim sesi acara dalam PP co housing 3.

2. Apa kunci suksesnya? 

* Melatih untuk terbiasa berkonsentrasi pada apapun yang sedang dikerjakan sampai tuntas.

* Berhati-hati dengan apapun yang membuat orangtua dan anak mudah terdistraksi melalui pembatasan konsumsi layar dan gawai pada saat jadwal persiapan atau pengerjaan dokumentasi aktivitas bermain bersama anak.

3. Tahap berikutnya ingin sukses apa? 

* Bisa menambah ide aktivitas belajar anak dengan pembuatan video aktivitas yang baru.

* Ada output karya yang bisa dilanjutkan progressnya dengan kualitas lebih baik.

* Konsentrasi pengerjaan e-book

*False Celebration*
1. Apa saja kesalahan yang pernah dilakukan? 

* Pada saat terlalu dominan untuk menghandle atau memberi perintah ke anak.

2. Belajar apa dari kesalahan tersebut? 

* Bertindak masternity inactivity

* Ingat Filosofi CM

3. Perubahan apa yang ingin dilakukan?

* There's no education but self education" - Pendidikan sejati selalu datang dari dalam. Anak selalu dipandang sebagai pribadi yang bisa mencerna sendiri pengetahuan.

* Masterly inactivity
Sikap fasilitator pendidikan (orangtua maupun guru) yang mengarahkan tanpa mendikte, memberi ruang luas bagi anak bereksplorasi tanpa kebablasan menjadi cuek atau dikendalikan anak, keseimbangan antara kebebasan dan respek pada otoritas.

* Terkait kebiasaan, yang paling berguna bagi siapapun adalah kebiasaan inisiatif/prakarsa pribadi. Berdaya inisiatif penuh memungkinkan anak mampu menciptakan permainan dan pekerjaannya sendiri.

2. Satu lembar untuk co housing


3. Dua lembar untuk cluster

Setelah kita melakukan beberapa aktivitas di co house, di zona A kita di hadapkan pada kondisi akan peran yang lebih luas, melihat cakupan cluster. Kita berada pada cluster yang sama cluster Ibu dan Anak (CIA). Saat ini kita belajar untuk saling bersinergi dan berkolaborasi dalam lingkup yang lebih luas di cluster. 

Ada pembagian peran yang juga dituntut di cluster. Setelah ada pertemuan untuk semua warga CH pada Cluster ibu dan anak yang berjumlah 9 CH, dirumuskan Cluster Agility dan Cluster Analysis. 

Untuk Cluster Agility dibentuk tim sukses untuk satu cluster dengan pembagian 4 peran yang masing-masing CH mengikutkan perwakilan warganya. Keempat peran yaitu marketing, publikasi, desain, dan teknis.

Sedang untuk Cluster Analysis dibagi dua kriteria, kriteria A dan B. Kriteria A penilaian mencakup kesesuaian milestone yang telah dijalankan pada CH. Sedang kriteria B mencakup penilaian keaktifan warga CH.

Kedua kriteria A dan B dapat tergambarkan pada template di bawah ini 👇





#HexagonCity
#Hexagonia
#ZonaAgility
#KuliahBundaProduktif
#InstitutIbuProfesional
#4Januari2021

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ApresiAksi

Di materi ke 7, kita masuk terkait apresiAksi yang menjadi salahsatu cara yang digunakan untuk membuat project atau gagasan inovasi sosial kita berkelanjutan. Di apresiAksi ini kita melakukan apresiasi, evaluasi, monitoring dan memutuskan untuk langkah berikutnya. Ada beberapa bahasan di materi ke 7 ini diataranya terkait : I.  Social Impact     Kita belajar untuk menganalisa dengan melihat bagaimana aksi yang sudah kita jalankan ini berdampak secara sosial atau tidak? Dampak disini terhadap manusia dan lingkungan tempat dimana aksi telah kita jalankan. Apa yang menjadi fokus dan hasil positif dari aksi kita. Hasil dari diskusi di tim disepakati seperti tersebut pada template dibawah ini 👇                   Kenapa analisa dampak sosial ini menjadi sesuatu yang penting dari penjelasan yang tersebut pada template diatas diantaranya kita mendapatkan hal-hal sebagai berikut : * Dampak langsung dan tidak langsung. Yang menjadi...

Mastermind & False Celebration

Setelah melewati libur tahun baru ternyata masih ada satu review terakhir dengan tema Mastermind & False Celebration. Walau dalam kondisi diawal tahun 2022 menemani ibu di rumah sakit, setelah mendengarkan materi dari Mantika ada beberapa template yang harus dikerjakan sebagai bentuk self assesment bagi kelanjutan project yang telah dikerjakan selama kelas bunda shalihah dikampus ibu pembaharu. Lima template yang di buat diantaranya 👇 Self Assesment   1. Apa yang sudah baik yang selama ini sudah dikerjakan? * Ada spirit yang terbangun. * Belajar memiliki smart goal dalam mengerjakan project tim. * Keterbukaan dan mendengar masukan dari tim. * Menjalankan tahapan milestone yang sudah tersusun. 2. Apa moment-moment berharga saat bersama tim? Semua moment bersama tim pada hakikatnya menjadi pengalaman belajar yang indah dan menyenangkan karena kami berusaha untuk terus bertumbuh baik bagi diri, anggota tim dan keluarga kami. Tetapi poin yang tertangkap diantaranya dibawah ini: * ...

Kelas Berbenah Sadis batch 5

Pada saat akan mengikuti kelas ini sempat penasaran dengan istilah berbenah sadis, dan bertanya terlebih dahulu dengan penggagas grup KonMari Indonesia, Mba Rika Subana, apa saja materi yang diberikan dikelas. Karena sebelumnya pernah ikut kelas Konmari dengan pihak pelaksana kelas onlinenya berbeda. Sebelum memulai kelas, saya sedang melakukan aktivitas berbenah kembali seperti tidying festival yang pernah dilakukan sebelumnya karena kebetulan mendapat kiriman harta karun dari orangtua berupa mainan di waktu anak pertama masa kecil. Alhamdulillah dapat satu plastik besar mainan + satu plastik pakaian kami, alhamdulillah ada orang yang Allah pilihkan singgah di rumah kami. Ternyata semesta kembali mendukung lihat kembali kelas berbenah sadis ini dan dapat uraian dari mba Rika mengenai kelas ini yang salahsatu materinya terkait konmari dan minimalis. Ada dua buku yang menjadi pegangan untuk mengikuti kelas berbenah sadis yaitu buku berbenah Marie Kondo dan buku Fumio Sasaki. ...