Langsung ke konten utama

Zona A (Agility)

Di Zona Agility ini, ada 4 lembar template yang digunakan di dalam pembuatan jurnal yang dapat di lihat di bawah ini:

1. Satu lembar untuk personal


Untuk karakter yang saya latihkan dalam pengerjaan project passion ini seperti telah tersebut pada master mind yang telah dibuat sebelumnya adalah attention.

Belajar untuk melatih diri mengerjakan segala sesuatu dengan konsentrasi penuh hingga satu tugas selesai, single tasking dalam satu waktu.

Shinning 4E, yang saya artikan disini ada progress atau kemajuan yang saya rasakan dari beberapa aktivitas dari project passion CH semesta bermain bahagia. Walau masih kurang disana-sini dan perlu banyak ikhtiar yang dilakukan setidaknya dapat menjadi pematik motivasi untuk melakukan perbaikan yang lebih baik lagi.

Biasanya hanya mengerjakan jurnal melalui tulisan, di project passion ini diminta mendokumentasikan melalui template pengamatan dan pembuatan video. Untuk pembuatan video disini masih memberi ruang pada anak tengah untuk menjalaninya, bagian saya dalam hal pengeditan video. Alhamdulillah dapat menjadi penggerak, mau tidak mau untuk belajar lebih terkait ilmu pengeditan video masih di space sederhana.

Master Mind (secara personal)

1. Sudah sukses apa sampai pekan ini? 

* Mengerjakan PP pekanan (video dan template jurnal) sesuai jadwal yang ditentukan.

* Memotivasi anak-anak untuk ikut terlibat menjadi bagian dari satu tim dalam membuat video aktivitas bermain yang dilakukannya.

* Melatih kepercayaan diri anak dan belajar mendokumentasikan aktivitas belajar melalui pembuatan video aktivitas belajar mereka.

* Membantu mengambil peran sebagai tim sesi acara dalam PP co housing 3.

2. Apa kunci suksesnya? 

* Melatih untuk terbiasa berkonsentrasi pada apapun yang sedang dikerjakan sampai tuntas.

* Berhati-hati dengan apapun yang membuat orangtua dan anak mudah terdistraksi melalui pembatasan konsumsi layar dan gawai pada saat jadwal persiapan atau pengerjaan dokumentasi aktivitas bermain bersama anak.

3. Tahap berikutnya ingin sukses apa? 

* Bisa menambah ide aktivitas belajar anak dengan pembuatan video aktivitas yang baru.

* Ada output karya yang bisa dilanjutkan progressnya dengan kualitas lebih baik.

* Konsentrasi pengerjaan e-book

*False Celebration*
1. Apa saja kesalahan yang pernah dilakukan? 

* Pada saat terlalu dominan untuk menghandle atau memberi perintah ke anak.

2. Belajar apa dari kesalahan tersebut? 

* Bertindak masternity inactivity

* Ingat Filosofi CM

3. Perubahan apa yang ingin dilakukan?

* There's no education but self education" - Pendidikan sejati selalu datang dari dalam. Anak selalu dipandang sebagai pribadi yang bisa mencerna sendiri pengetahuan.

* Masterly inactivity
Sikap fasilitator pendidikan (orangtua maupun guru) yang mengarahkan tanpa mendikte, memberi ruang luas bagi anak bereksplorasi tanpa kebablasan menjadi cuek atau dikendalikan anak, keseimbangan antara kebebasan dan respek pada otoritas.

* Terkait kebiasaan, yang paling berguna bagi siapapun adalah kebiasaan inisiatif/prakarsa pribadi. Berdaya inisiatif penuh memungkinkan anak mampu menciptakan permainan dan pekerjaannya sendiri.

2. Satu lembar untuk co housing


3. Dua lembar untuk cluster

Setelah kita melakukan beberapa aktivitas di co house, di zona A kita di hadapkan pada kondisi akan peran yang lebih luas, melihat cakupan cluster. Kita berada pada cluster yang sama cluster Ibu dan Anak (CIA). Saat ini kita belajar untuk saling bersinergi dan berkolaborasi dalam lingkup yang lebih luas di cluster. 

Ada pembagian peran yang juga dituntut di cluster. Setelah ada pertemuan untuk semua warga CH pada Cluster ibu dan anak yang berjumlah 9 CH, dirumuskan Cluster Agility dan Cluster Analysis. 

Untuk Cluster Agility dibentuk tim sukses untuk satu cluster dengan pembagian 4 peran yang masing-masing CH mengikutkan perwakilan warganya. Keempat peran yaitu marketing, publikasi, desain, dan teknis.

Sedang untuk Cluster Analysis dibagi dua kriteria, kriteria A dan B. Kriteria A penilaian mencakup kesesuaian milestone yang telah dijalankan pada CH. Sedang kriteria B mencakup penilaian keaktifan warga CH.

Kedua kriteria A dan B dapat tergambarkan pada template di bawah ini 👇





#HexagonCity
#Hexagonia
#ZonaAgility
#KuliahBundaProduktif
#InstitutIbuProfesional
#4Januari2021

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bertanam Jamur Growbox

Buka baglog tgl 19 maret 14 Belajar menjalani proses..bukan hasil .. kesabaran adl bagian dr proses .. Tumbuh jamur Naufal yang pertama 11 maret 2014 Satu hari sdh mekar lebih indah jamur aura cantiqa ^-^ 240314, sptnya sdh bs panen. Kondisi jamur per 6 april 2014, jamur merah kembali tumbuh yg ke 2 jamurnya tp kedua growbox putih milik Naufal Aulia Rasyad dan haikal masih melatih kesabaran kami tuk menunggu jamurnya tumbuh. " liat mas naufal... dek haikal... jamur dedek aura sdh tumbuh kembali... tau kenapa sayang ? Tanamanpun tau mana pemiliknya yg sayang sama dia... mana yg tdk... hehe.krn naufal blm sama sekali tertarik utk merawat jamurnya hanya dia mberi nama jamur... kalo haikal sdh mau, keduanya kesulitan utk menekan semprotan yg sdh satu paket dgn growboxnya. Dan kemaren naufal langsung mencari semprotan baru yg biasa dipake utk semprotan kispray utk penghalus dan pengharum pakaian. Dia langsung cuci... jangan pake itu yg sayang... coba cium baunya masih beras

Mastermind & False Celebration

Setelah melewati libur tahun baru ternyata masih ada satu review terakhir dengan tema Mastermind & False Celebration. Walau dalam kondisi diawal tahun 2022 menemani ibu di rumah sakit, setelah mendengarkan materi dari Mantika ada beberapa template yang harus dikerjakan sebagai bentuk self assesment bagi kelanjutan project yang telah dikerjakan selama kelas bunda shalihah dikampus ibu pembaharu. Lima template yang di buat diantaranya 👇 Self Assesment   1. Apa yang sudah baik yang selama ini sudah dikerjakan? * Ada spirit yang terbangun. * Belajar memiliki smart goal dalam mengerjakan project tim. * Keterbukaan dan mendengar masukan dari tim. * Menjalankan tahapan milestone yang sudah tersusun. 2. Apa moment-moment berharga saat bersama tim? Semua moment bersama tim pada hakikatnya menjadi pengalaman belajar yang indah dan menyenangkan karena kami berusaha untuk terus bertumbuh baik bagi diri, anggota tim dan keluarga kami. Tetapi poin yang tertangkap diantaranya dibawah ini: * Saat

Jurnal Minggu I, Kelas Kupu-Kupu

Alhamdulillah masuk di tahapan kelas kupu-kupu. Dari penjelasan yang didapat di awal kelas sudah diberikan penjelasan oleh Ibu Septi. Di kelas kupu-kupu ini akan berlangsung selama 8 minggu dengan jadwal belajar sebagai berikut 👇 Dikelas Kupu-kupu, kami diperkenalkan dan belajar mempraktekkan program Mentorship. Disini diperkenalkan Mentor dan Mantee. Selama 8 minggu ini kita diminta belajar menjadi mentor sekaligus menjadi mantee. Mentor adalah orang yang diberi tanggungjawab memberi arahan, materi, ilmu yang telah dimiliki. Sedang Mantee, kita diminta untuk menjadi siswa/orang yang belajar kepada seorang mentor. Dari pencarian dan penyesuaian dengan map yang telah dibuat ditahapan sebelumnya, akhirnya diputuskan untuk menjadi Mentor terkait menulis/membuat self quote. Dan di bulan puasa ini rasanya ingin mempelajari Ilmu menghapal Alquran untuk anak sebagai bekal dalam proses belajar homeschooling anak-anak. A. Perkenalan dengan Mentor Alhamdulillah sudah mendapatk