Langsung ke konten utama

Materi 1, Identifikasi Masalah

Diawal kelas bunda salihah ini mencoba memetakan pola belajar dari beberapa sumber belajar yang telah diberikan diawal masa perkuliahan.

Pelaksanaan Kelas Bunda Salihah akan dijalankan selama kurang lebih 6 bulan, mulai 22 Juni - 22 Desember 2021

Sudah dilakukan tahapan belajar diantaranya :
1. Orientasi Kampus Ibu Pembaharu (22 Juni 2021)
2. Kuliah Umum Perdana (23 Juni 2021)
Dari 2 tahapan belajar diatas, ada berapa fasilitas yang telah tersedia dengan mudah dan cepat diantaranya twibon, template gambar kampus dan kartu pelajar.

Agenda belajar telah lengkap tersedia di website : http://www.ibupembaharu.com

Tugas pertama (24 Juni - 6 Juli 2021)
Ditugas pertama ini kami diminta mengidentifikasi masalah secara personal baik dalam lingkup diri, keluarga atau sekitar. Coba dipetakan beberapa permasalahan diantaranya :
Diri/Pribadi :
1.   Skill yang memberi dampak atau manfaat yang lebih luas
2.  Penetapan pemilihan Jabatan Fungsional
3. Melatih Publik Speaking
4. Membangun team yang solid dan sesuai
5. Membangun usaha bersama anak-anak
6.  Lebih legowo pada saat menghadapi satu kegagalan
7. Sabar dan emosi dapat lebih terkontrol
8. Bonding ke anak-anak dan suami lebih bahagia
9. Berbenah rumah - hidup minimalis
10. Hidup ramah lingkungan

Keluarga :
1.    Membangun home team jarak jauh
2.  Membangun Habit secara personal dan anak-anak
3.  Melanjutkan membangun atmosfer keluarga
4.  Keseimbangan peran domestik dan publik
5.  Kurikulum metode homescholing CM
6.  Merintis Portofolio Personal dan Anak-anak
7.  Komunikasi yang baik (Empati kognitif) memasuki usia produktif sebagai orangtua
8.  Komunikasi yang baik (Empati kognitif) dengan orangtua yang memasuki usia lanjut
9.  Menumbuhkan karakter mulia ke anak-anak

Lingkungan sekitar :
1.    Pola hidup sehat dan bersih ke lingkungan sekitar
2.  Membangun kegiatan anak-anak yang melibatkan sekitar
3.  Membangun silaturahmi lebih dekat dengan sekitar
4.  Meluruskan niat untuk berbagi dengan sekitar.

Dari permasalahan dengan 3 lingkup diatas, kenapa diangkat sebagai permasalahan, coba disaring dan difilter benar-benar dan dipertanyakan apa benar semua itu menjadi masalah atau setidaknya dapat ditarik satu alasan yang kuat, karena :

1. Semua serasa menarik diri untuk menjadikan permasalahan diatas menjadi satu tantangan untuk dicarikan solusi.
2. Permasalahan diatas membutuhkan energi lebih dan kembali menjadi ranah berpikir dari dalam diri.
3. Permasalahan menjadi kekuatan untuk bisa atau menjadi dorongan untuk berbuat lebih baik.

Dari permasalahan diatas diminta untuk mencari dan mengambil satu masalah yang akan dibawa selama perjalanan kelas bunda salihah ini. Sempat berapa kali mempertanyakan dan masih coba kembali ditanyakan ke diri, benarkah atau mana yang akan saya pilih.

Bismillah. Coba mengambil satu. Untuk melanjutkan sebagai rangkaian kelas sebelumnya di kelas bunda produktif, karena mengambil passion ibu dan anak, mencoba untuk komitmen melanjutkan langkah akan tetap mengambil permasalahan terkait materi pendidikan homeschooling anak-anak yang saat ini setelah melewati masa perjalanan homeschooling dari tahun 2015 akhirnya kami mencoba memutuskan metode pendidikan homeschooling yang dijalankan dengan metode pendidikan Charlotte Mason.

Problem statement yang saya ambil : Penerapan metode pendidikan Charlotte Mason dengan merancang kurikulum metode homeschooling Charlotte Mason.

Yang menjadi akar permasalahannya diantaranya :

1. Setelah melewati dan mencoba beberaoa metode hs, akhirnya merasa sejalan dan klik dengan pemikiran Miss CM.
2. Perlu memilih satu metode pendidikan untuk melanjutkan proses homeschooling anak-anak yang telah berjalan sebagai pijakan untuk menguatkan langkah.
3. Sudah setahun sejak memutuskan CM masih berkutat dan belum memberikan langkah yang berarti seperti masih berjalan ditempat, jadi berikhtiar untuk lebih fokus mengerjakannya.

Bagaimana saya tahu kalo masalah diatas telah selesai diantaranya:

1. Adanya jadwal dan materi belajar (kurikulum) yang telah tersusun persemester dan telah dijalankan.
2. Draft e-book yang sudah pernah dibuat bisa terselesaikan.

Template 👇

#ibupembaharu
#bundasalihah
#darirumahuntukdunia
#hexagoncity
#institutibuprofesional
#semestakaryauntukindonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bertanam Jamur Growbox

Buka baglog tgl 19 maret 14 Belajar menjalani proses..bukan hasil .. kesabaran adl bagian dr proses .. Tumbuh jamur Naufal yang pertama 11 maret 2014 Satu hari sdh mekar lebih indah jamur aura cantiqa ^-^ 240314, sptnya sdh bs panen. Kondisi jamur per 6 april 2014, jamur merah kembali tumbuh yg ke 2 jamurnya tp kedua growbox putih milik Naufal Aulia Rasyad dan haikal masih melatih kesabaran kami tuk menunggu jamurnya tumbuh. " liat mas naufal... dek haikal... jamur dedek aura sdh tumbuh kembali... tau kenapa sayang ? Tanamanpun tau mana pemiliknya yg sayang sama dia... mana yg tdk... hehe.krn naufal blm sama sekali tertarik utk merawat jamurnya hanya dia mberi nama jamur... kalo haikal sdh mau, keduanya kesulitan utk menekan semprotan yg sdh satu paket dgn growboxnya. Dan kemaren naufal langsung mencari semprotan baru yg biasa dipake utk semprotan kispray utk penghalus dan pengharum pakaian. Dia langsung cuci... jangan pake itu yg sayang... coba cium baunya masih beras

Mastermind & False Celebration

Setelah melewati libur tahun baru ternyata masih ada satu review terakhir dengan tema Mastermind & False Celebration. Walau dalam kondisi diawal tahun 2022 menemani ibu di rumah sakit, setelah mendengarkan materi dari Mantika ada beberapa template yang harus dikerjakan sebagai bentuk self assesment bagi kelanjutan project yang telah dikerjakan selama kelas bunda shalihah dikampus ibu pembaharu. Lima template yang di buat diantaranya 👇 Self Assesment   1. Apa yang sudah baik yang selama ini sudah dikerjakan? * Ada spirit yang terbangun. * Belajar memiliki smart goal dalam mengerjakan project tim. * Keterbukaan dan mendengar masukan dari tim. * Menjalankan tahapan milestone yang sudah tersusun. 2. Apa moment-moment berharga saat bersama tim? Semua moment bersama tim pada hakikatnya menjadi pengalaman belajar yang indah dan menyenangkan karena kami berusaha untuk terus bertumbuh baik bagi diri, anggota tim dan keluarga kami. Tetapi poin yang tertangkap diantaranya dibawah ini: * Saat

Jurnal Minggu I, Kelas Kupu-Kupu

Alhamdulillah masuk di tahapan kelas kupu-kupu. Dari penjelasan yang didapat di awal kelas sudah diberikan penjelasan oleh Ibu Septi. Di kelas kupu-kupu ini akan berlangsung selama 8 minggu dengan jadwal belajar sebagai berikut 👇 Dikelas Kupu-kupu, kami diperkenalkan dan belajar mempraktekkan program Mentorship. Disini diperkenalkan Mentor dan Mantee. Selama 8 minggu ini kita diminta belajar menjadi mentor sekaligus menjadi mantee. Mentor adalah orang yang diberi tanggungjawab memberi arahan, materi, ilmu yang telah dimiliki. Sedang Mantee, kita diminta untuk menjadi siswa/orang yang belajar kepada seorang mentor. Dari pencarian dan penyesuaian dengan map yang telah dibuat ditahapan sebelumnya, akhirnya diputuskan untuk menjadi Mentor terkait menulis/membuat self quote. Dan di bulan puasa ini rasanya ingin mempelajari Ilmu menghapal Alquran untuk anak sebagai bekal dalam proses belajar homeschooling anak-anak. A. Perkenalan dengan Mentor Alhamdulillah sudah mendapatk