Langsung ke konten utama

Materi 1, Identifikasi Masalah

Diawal kelas bunda salihah ini mencoba memetakan pola belajar dari beberapa sumber belajar yang telah diberikan diawal masa perkuliahan.

Pelaksanaan Kelas Bunda Salihah akan dijalankan selama kurang lebih 6 bulan, mulai 22 Juni - 22 Desember 2021

Sudah dilakukan tahapan belajar diantaranya :
1. Orientasi Kampus Ibu Pembaharu (22 Juni 2021)
2. Kuliah Umum Perdana (23 Juni 2021)
Dari 2 tahapan belajar diatas, ada berapa fasilitas yang telah tersedia dengan mudah dan cepat diantaranya twibon, template gambar kampus dan kartu pelajar.

Agenda belajar telah lengkap tersedia di website : http://www.ibupembaharu.com

Tugas pertama (24 Juni - 6 Juli 2021)
Ditugas pertama ini kami diminta mengidentifikasi masalah secara personal baik dalam lingkup diri, keluarga atau sekitar. Coba dipetakan beberapa permasalahan diantaranya :
Diri/Pribadi :
1.   Skill yang memberi dampak atau manfaat yang lebih luas
2.  Penetapan pemilihan Jabatan Fungsional
3. Melatih Publik Speaking
4. Membangun team yang solid dan sesuai
5. Membangun usaha bersama anak-anak
6.  Lebih legowo pada saat menghadapi satu kegagalan
7. Sabar dan emosi dapat lebih terkontrol
8. Bonding ke anak-anak dan suami lebih bahagia
9. Berbenah rumah - hidup minimalis
10. Hidup ramah lingkungan

Keluarga :
1.    Membangun home team jarak jauh
2.  Membangun Habit secara personal dan anak-anak
3.  Melanjutkan membangun atmosfer keluarga
4.  Keseimbangan peran domestik dan publik
5.  Kurikulum metode homescholing CM
6.  Merintis Portofolio Personal dan Anak-anak
7.  Komunikasi yang baik (Empati kognitif) memasuki usia produktif sebagai orangtua
8.  Komunikasi yang baik (Empati kognitif) dengan orangtua yang memasuki usia lanjut
9.  Menumbuhkan karakter mulia ke anak-anak

Lingkungan sekitar :
1.    Pola hidup sehat dan bersih ke lingkungan sekitar
2.  Membangun kegiatan anak-anak yang melibatkan sekitar
3.  Membangun silaturahmi lebih dekat dengan sekitar
4.  Meluruskan niat untuk berbagi dengan sekitar.

Dari permasalahan dengan 3 lingkup diatas, kenapa diangkat sebagai permasalahan, coba disaring dan difilter benar-benar dan dipertanyakan apa benar semua itu menjadi masalah atau setidaknya dapat ditarik satu alasan yang kuat, karena :

1. Semua serasa menarik diri untuk menjadikan permasalahan diatas menjadi satu tantangan untuk dicarikan solusi.
2. Permasalahan diatas membutuhkan energi lebih dan kembali menjadi ranah berpikir dari dalam diri.
3. Permasalahan menjadi kekuatan untuk bisa atau menjadi dorongan untuk berbuat lebih baik.

Dari permasalahan diatas diminta untuk mencari dan mengambil satu masalah yang akan dibawa selama perjalanan kelas bunda salihah ini. Sempat berapa kali mempertanyakan dan masih coba kembali ditanyakan ke diri, benarkah atau mana yang akan saya pilih.

Bismillah. Coba mengambil satu. Untuk melanjutkan sebagai rangkaian kelas sebelumnya di kelas bunda produktif, karena mengambil passion ibu dan anak, mencoba untuk komitmen melanjutkan langkah akan tetap mengambil permasalahan terkait materi pendidikan homeschooling anak-anak yang saat ini setelah melewati masa perjalanan homeschooling dari tahun 2015 akhirnya kami mencoba memutuskan metode pendidikan homeschooling yang dijalankan dengan metode pendidikan Charlotte Mason.

Problem statement yang saya ambil : Penerapan metode pendidikan Charlotte Mason dengan merancang kurikulum metode homeschooling Charlotte Mason.

Yang menjadi akar permasalahannya diantaranya :

1. Setelah melewati dan mencoba beberaoa metode hs, akhirnya merasa sejalan dan klik dengan pemikiran Miss CM.
2. Perlu memilih satu metode pendidikan untuk melanjutkan proses homeschooling anak-anak yang telah berjalan sebagai pijakan untuk menguatkan langkah.
3. Sudah setahun sejak memutuskan CM masih berkutat dan belum memberikan langkah yang berarti seperti masih berjalan ditempat, jadi berikhtiar untuk lebih fokus mengerjakannya.

Bagaimana saya tahu kalo masalah diatas telah selesai diantaranya:

1. Adanya jadwal dan materi belajar (kurikulum) yang telah tersusun persemester dan telah dijalankan.
2. Draft e-book yang sudah pernah dibuat bisa terselesaikan.

Template 👇

#ibupembaharu
#bundasalihah
#darirumahuntukdunia
#hexagoncity
#institutibuprofesional
#semestakaryauntukindonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ApresiAksi

Di materi ke 7, kita masuk terkait apresiAksi yang menjadi salahsatu cara yang digunakan untuk membuat project atau gagasan inovasi sosial kita berkelanjutan. Di apresiAksi ini kita melakukan apresiasi, evaluasi, monitoring dan memutuskan untuk langkah berikutnya. Ada beberapa bahasan di materi ke 7 ini diataranya terkait : I.  Social Impact     Kita belajar untuk menganalisa dengan melihat bagaimana aksi yang sudah kita jalankan ini berdampak secara sosial atau tidak? Dampak disini terhadap manusia dan lingkungan tempat dimana aksi telah kita jalankan. Apa yang menjadi fokus dan hasil positif dari aksi kita. Hasil dari diskusi di tim disepakati seperti tersebut pada template dibawah ini 👇                   Kenapa analisa dampak sosial ini menjadi sesuatu yang penting dari penjelasan yang tersebut pada template diatas diantaranya kita mendapatkan hal-hal sebagai berikut : * Dampak langsung dan tidak langsung. Yang menjadi...

Mastermind & False Celebration

Setelah melewati libur tahun baru ternyata masih ada satu review terakhir dengan tema Mastermind & False Celebration. Walau dalam kondisi diawal tahun 2022 menemani ibu di rumah sakit, setelah mendengarkan materi dari Mantika ada beberapa template yang harus dikerjakan sebagai bentuk self assesment bagi kelanjutan project yang telah dikerjakan selama kelas bunda shalihah dikampus ibu pembaharu. Lima template yang di buat diantaranya 👇 Self Assesment   1. Apa yang sudah baik yang selama ini sudah dikerjakan? * Ada spirit yang terbangun. * Belajar memiliki smart goal dalam mengerjakan project tim. * Keterbukaan dan mendengar masukan dari tim. * Menjalankan tahapan milestone yang sudah tersusun. 2. Apa moment-moment berharga saat bersama tim? Semua moment bersama tim pada hakikatnya menjadi pengalaman belajar yang indah dan menyenangkan karena kami berusaha untuk terus bertumbuh baik bagi diri, anggota tim dan keluarga kami. Tetapi poin yang tertangkap diantaranya dibawah ini: * ...

Kelas Berbenah Sadis batch 5

Pada saat akan mengikuti kelas ini sempat penasaran dengan istilah berbenah sadis, dan bertanya terlebih dahulu dengan penggagas grup KonMari Indonesia, Mba Rika Subana, apa saja materi yang diberikan dikelas. Karena sebelumnya pernah ikut kelas Konmari dengan pihak pelaksana kelas onlinenya berbeda. Sebelum memulai kelas, saya sedang melakukan aktivitas berbenah kembali seperti tidying festival yang pernah dilakukan sebelumnya karena kebetulan mendapat kiriman harta karun dari orangtua berupa mainan di waktu anak pertama masa kecil. Alhamdulillah dapat satu plastik besar mainan + satu plastik pakaian kami, alhamdulillah ada orang yang Allah pilihkan singgah di rumah kami. Ternyata semesta kembali mendukung lihat kembali kelas berbenah sadis ini dan dapat uraian dari mba Rika mengenai kelas ini yang salahsatu materinya terkait konmari dan minimalis. Ada dua buku yang menjadi pegangan untuk mengikuti kelas berbenah sadis yaitu buku berbenah Marie Kondo dan buku Fumio Sasaki. ...